Monday, January 9, 2012

Kolak Labu (Kabocha) ala Bunda Keia

Siapa bilang kolak cuman cocok buat buka puasa aja. Cocok juga utk di segala suasana loh..:)


Suatu sore nih yaa, di Bandung tuh lagi dingiiiiiin banget, trs anginnya jg kenceng. Rasanya koq kepengen makan yg manis2 n anget2 yaa... Ya udah, kebetulan masih ada kabocha yg tdnya sengaja disimpen buat dibikin puding, ya udah mari kita bikin kolak ajaa, mudah dan cepett masaknya..:)

Bahan-bahan :
1/2 buah kabocha orange, cuci bersih, potong2 sesuai selera, cuci lagi hingga bersih dari getahnya.
1/2 buah kacocha hijau, cuci bersih, potong2 sesuai selera, cuci lagi hingga bersih dari getahnya.
2 1/2 gandu gula aren asli (atau sesuai selera), iris halus
200 ml santan sedang
1/4 sdt garam
1 bungkus vanilla bubuk
2 lembar daun pandan, sobek sedikit, lipat
Air untuk merebus, secukupnya

Cara membuat :
- Panaskan air, masukkan potongan kabocha hingga empuk
- Masukkan gula aren dan daun pandan, aduk hingga larut
- masukkan garam sedikit aja (untuk pembanding rasa), vanila bubuk, masak hingga mendidih
- Terahir masukkan santan, aduk hingga rata, masak hingga matang
- Siap disajikan

10 comments:

  1. wah kolak labu ini pavorit saya nih, makasih resepnya ya bunda..

    ReplyDelete
  2. bunda kabocka bisa di bikin keripik gx

    ReplyDelete
  3. Maaf ya, bunda belum pernah coba kabocha untuk dibuat kripik, coba saja, mungkin bisa :)

    ReplyDelete
  4. apakah kulit kabocha bisa dimakan? karena saat menyantab semangkuk kolak, kulitnyapun empuk.

    ReplyDelete
  5. Bisa koq, bunda ga pernah dibuang kulitnya klu mengukus kabocha, atau buat kolek. kecuali klu utk buat sup krim labu ya, karena nanti warnanya jadi kurang bagus.

    Apalagi kabocha yg warnanya hijau, wah kulitnya pulen sekali deh :)

    ReplyDelete